Kamis, 12 September 2013

BELAJAR Hidup Hemat

Manusia jika memiliki banyak uang mungkin susah untuk mengendalikannya, sering manusia untuk memakai uangnya dengan belanja. 
Belanja ibarat sahabat bagi ,manusia. Tak heran bila banyak wanita yang gila belanja hingga tanpa sadar pengeluaran yang dikeluarkan terlalu banyak. Bahkan bisa melebihi batas maksimum. Waduh! Jika ini selalu terjadi, tentu saja akan berdampak buruk. Apakah Anda tipe orang yang demikian? Dikutip dari All Women Stalk, berikut ini tanda-tanda pengeluaran Anda untuk belanja terlalu banyak.

1. Kartu kredit hingga batas maksimum
Apabila kartu kredit yang Anda miliki lebih dari satu dan semuanya sudah mencapai batas maksimum, perlu diwaspadai! Ya, ini merupakan tanda awal bahwa Anda sudah belanja terlalu banyak dan pengeluarannya sudah tak sehat lagi.

2. Takut kartu kredit ditolak
Pernahkah Anda merasa takut kartu kredit ditolak ketika ingin melakukan transaksi saat belanja? Jika ini terjadi, bisa jadi ada dua penyebabnya. Yang pertama karena kartu kredit sudah di batas maksimum, atau yang kedua yaitu pembayaran kartu kredit yang tersendat. Apabila dua hal ini terjadi pada Anda, tentu saja ini menunjukkan bahwa pengeluaran Anda terlalu banyak.

3. Pemasukan berkurang dan hutang bertambah
Apabila hutang yang Anda miliki untuk cicilan mobil, rumah, maupun pendidikan anak, itu merupakan hal yang wajar. Tapi jika Anda berhutang karena terlalu sering belanja, ini yang patut Anda waspada. Usahakan untuk bisa terlepas dari kebiasaan tersebut.

4. Barang tak terpakai
Lihatlah lemari Anda. Apakah ada banyak pakaian yang tak terpakai? Jika ya, itu menandakan bahwa Anda terlalu banyak belanja hal-hal yang tak dibutuhkan. Ini yang menyebabkan pengeluaran Anda menjadi terlalu banyak. Sebaiknya Anda harus lebih cermat saat berbelanja. Pilihlah barang-barang yang memang dibutuhkan, bukan berdasarkan kemauan.

5. Selalu pinjam uang
Jangan biasakan diri untuk selalu pinjam uang kepada keluarga maupun teman sekalipun. Tak masalah bila uang yang Anda pinjam memang benar-benar untuk kebutuhan, asalkan Anda bisa langsung menggantinya. Namun perlu diingat! Jangan jadikan itu sebagai kebiasaan.

6. Cuma mampu bayar minimum
Ketika membayar tagihan kartu kredit, Anda hanya mampu membayar minimumnya saja. Kebiasaan seperti ini hanya akan menjebak Anda karena bunga yang harus dibayar pun terus bertambah. Ini yang menyebabkan Anda banyak terjebak oleh hutang.

7. Tak mampu menahan keinginan belanja
Saat Anda jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, selalu saja ada godaan untuk berbelanja. Jika Anda tak mampu menahan nafsu untuk berbelanja, hati-hatilah! Ini hanya akan membuat pengeluaran Anda semakin banyak

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com